LATAR BELAKANG
Dalam zaman yang berkembang pesat
ini, tak dapat dipungkiri bahwa melihat kemungkinan berbisnis melalui media
jejaring sosial adalah tepat. Terkhususnya untuk wilayah Indonesia sendiri baru
saja CNN Indonesia merilis data mengenai demografi pengguna internet di
Indonesia untuk periode semester pertama tahun 2015. Data ini diperoleh
berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa
Internet Indonesia (APJII) dengan PUSKAKOM Universitas Indonesia (UI). Menurut
hasil survei menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia untuk saat
ini telah mengalami peningkatan sebesar 34,9 persen dari jumlah seluruh
penduduk Indonesia. Jika pada tahun sebelumnya ada sekitar 71, juta pengguna
internet di Indonesia, maka pada semester pertama 2015 ini jumlah tersebut
mencapai sekitar 88,1 juta pengguna. Jika dilihat berdasarkan lokasi domisili,
jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2015 dapat dibagi menjadi beberapa
bagian, antara lain: Pulau Sumatera : 18,6 Juta pengguna, Jawa : 52 Juta
pengguna, Kalimantan : 4,2 Juta pengguna, Sulawesi : 7,3 Juta pengguna dan
Papua : 5,9 Juta pengguna. Jumlah
persentase pengguna internet di Indonesia berdasarkan umur: 18 – 25
Tahun : 49 %, 26 – 35 Tahun : 33,8 Persen %, 36 – 45 Tahun : 14,6 Persen, 46 –
55 Tahun : 2,4 %, 56 – 65 Tahun : 0,2 Persen. Sedangkan jumlah persentase pengguna internet di Indonesia berdasarkan jenis pekerjaan:
pelajar : 5 %, tidak bekerja : 6 %, ibu rumah Tangga : 16 %, mahasiswa : 18 %,
karyawan dan wiraswasta : 55 %.
Data lain yang mendukung hal ini
lagi adalah jumlah persentase pengguna internet
di Indonesia berdasarkan perangkat yang digunakan adalah, telepon seluler : 85 %, laptop / netbook : 32 %,
PC Desktop : 14 % dan tablet : 13 %. Adapun hal yang paling sering diakses
pengguna internet di Indonesia adalah, media sosial (Facebook, Twitter,
Google+, Dan Lain-Lain), pesan instan, baca berita, pencarian data informasi
dan streaming video.
Menanggapi hal ini akhirnya kami
berinisiatif untuk membuat sebuah usaha bisnis toko online. Usaha bisnis ini akan
membantu para konsumen terkhususnya dalam memenuhi kebutuhan fashion yang ada dalam setiap berbagai
aktifitas baik kantor, event ataupun hanya
untuk referensi style. Melalui
usaha ini, kami juga ikut berpartisipasi dalam mempromosikan produk lokal dengan menampilkan beberapa karya desain anak
bangsa, sekalipun tak dipungkiri kami ikut menampilkan produk impor. Harapan
kami, dengan produk- produk yang ditawarkan mampu memperindah wanita Indonesia.
TUJUAN
Adapun tujuan dari toko online ini, yaitu:
·
Mempromosikan produk dalam negeri Indonesia.
Hal ini berdasarkan Firman Tuhan dalam Kejadian 1 :
28. Yang berbunyi Tuhan memerintah kita sebagai manusia untuk bisa mengelola
alam ciptaan-Nya, sehingga kami mencoba untuk mengimplementasikan perintah
Tuhan itu lewat bisnis yang kita lakukan, untuk puji dan hormat nama Tuhan.
·
Menerangkan etika berbisnis yang baik
dan bertanggung jawab.
Hal ini berdasarkan Firman Tuhan dalam Ibrani 13:17
yang berbunyi “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab
mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung
jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan
dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak membawa keuntungan bagimu. Dengan
pedoman itu maka perusahaan kami menerapkan sistem kerja, kerjasama, dan
tanggung jawab yang baik dalam bisnis toko online kami.
·
Membuat sebuah usaha bisnis toko online
yang bisa menjadi peluang untuk membuka lapangan pekerjaan.
PERENCANAAN BISNIS TOKO ONLINE
Perusahaan kami memilliki perencanaan
ke depan agar bisnis tojo online ini
tetap berkembang.
VISI
Mengembangkan potensi di dalam diri dalam
berbisnis toko online, menampilkan karya anak bangsa dan untuk
menjadikannya yang lebih unggul dalam berbisnis online baju dan aksesoris
dan lainnya.
IDENTITAS BISNIS
Toko online ini berdiri dengan nama :
Whitney Beauty Shop. Kami bergerak dalam fashion
style bagi wanita dan produk yang ingin kami tawarkan adalah baju, dress,
sepatu, aksesoris (kacamata, gelang, jam tangan, kain skraf, kalung, dan
lainnya). Pemilik usaha ini adalah, ibu Whitney Mega dengan lima karyawan
dibawahnya.
TARGET PASAR
Segmen pasar
utama Whitney Beauty Shop adalah wanita berusia 18 – 35 tahun. Di pulau Jawa
dan Sumatera. Sasaran utama kami adalah wanita dengan usia yang disebutkan
karena banyak daripada mereka sudah bekerja dan mendapatkan pengahasilan
sendiri kemudian pada umur seperti itulah mereka sudah memperhatikan penampilan
dan sadar akan dunia fashion. Dalam
hal ini untuk menunjang penampilan membutuhkan barang dengan brand yang sudah memiliki nama dan
ditunjang dan kemudian mendapatkan kenyamanan tersendiri.
Pemilihan konsumen
dalam bisnis dalam hal ini juga mempertimbangkan para wanita bisnis, pelajar
maupun ibu rumah tangga yang membutuhkan banyak referensi fashion demi untuk melakukan aktifitasnya sehari- hari. Dalam hal
ini pun faktor penunjang lain karena wanita pada umur tersebut dikategorikan
melek Internet dan media sosial seperti ( facebook, twitter dan google+) yang
dapat diakses setiap waktunya melalui telepon seluler, laptop, pc dan tablet.
Strength ( Kekuatan )
- Berani menawarkan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya. Kami akan menjalankannya disaat kami memberikan promosi-promosi dihari libur atau hari-hari besar.
- Berani menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang ada di perusahaan dimana kami menampilakan produknya untuk proyek bisnis ini.
- Pelayanan memuaskan, ramah, terjamin. Kami akan semaksimal mungkin memberikan kepuasan bagi pelanggan dalam konteks 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun). Sebab, setiap pelanggan akan merasakan kenyamanan ketika mereka melihat kami mampu menunjukan sikap sebagai seorang pekerja yang baik dan berkualitas.
- Selalu tersedia bonus/ hadiah menarik untuk pelanggan setia. Bonus yang kami berikan bukan untuk membuat para pelanggan menjadi tidak respect tetapi justru akan membuat pelanggan menjadi ready dan memiliki keinginan untuk membeli produk yang ditampilkan.
- Menawarkan jasa tambahan seperti; jasa pengiriman dan ongkos kirim yang relatif murah. Hal ini akan membuat pelanggan semakin puas dengan pelayanan yang kami berikan.
Weakness (Kelemahan)
- Belum mampu melayani pada pulau yang lain di Indonesia.
- Belum memiliki cabang di daerah lain hanya di daerah Jawa sebagai lokasi kantor.
- Pesaing sudah banyak di daerah- daerah di Indonesia.
Opportunities (Peluang)
- Para konsumen adalah wanita- wanita yang sangat tertarik dengan dunia fashion dan kebutuhan akan produk kami dapat dikatak diatas rata- rata.
- Kualitas produk yang kami tawarkan beserta brand ternama dalam negeri maupun luar negeri yang sudah terjamin.
- Sumber daya manusia yang mudah didapat dan yang berkualitas karena menjalin kerjasama dengan sekolah menengah kejuruan. Dengan pusat kami yang strategis dekat dengan sekolah maka kami dapat bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Perekrutan para siswa IT dengan dapat memberikan pelayananan yang baik dan sumber daya manusia yang dihasilkan akan memberikan kenyamanan untuk pelanggan karena perekrutan dilakukan dengan seleksi baik secara personality dan akademik.
Threats (Ancaman)
Kesempatan bagi pesaing terbuka lebar. Pesaing saat
ini tidak hanya satu melainkan banyak jumlahnya maka tidak dapat dihindari akan
banyak persaingan yang terjadi sehingga diperlukan banyak pertimbangan dalam
mendirikan usaha ini.
BIAYA AWAL
YANG DIBUTUHKAN
Peralatan dan
perlengkapan beserta perinciannya :
Jenis
|
Nama barang
|
Jumlah
|
Harga
|
Total harga
|
Kantor
|
Meja kantor
Meja kerja
|
1
5
|
Rp.
1.000.000
Rp.
750.000
|
Rp. 1.000.000
Rp. 3.750.000
|
Kursi kantor Revino R-302
|
6
|
Rp.
420.000
|
Rp
2.520.000
|
|
Komputer
|
6
|
Rp.
3.000.000
|
Rp.18.000.000
|
|
PrinterCanon Pixma IP 100
|
1
|
Rp. 3.200.000
|
Rp.3.200.000
|
|
Kipas angin
|
2
|
Rp.
300.000
|
Rp.
600.000
|
|
Dispenser
|
1
|
Rp.
300.000
|
Rp.
300.000
|
|
Galon air
|
2
|
Rp.
80.000
|
Rp.
160.000
|
|
Perangkat wi-fi Merek Linksys
|
1
|
Rp. 665.000
|
Rp. 665.000
|
|
Alat tulis kantor
|
Kertas A4
|
10
|
Rp.
50.000
|
Rp. 500.000
|
Ballpaint
|
2 pack
|
Rp.
15.000
|
Rp. 30.000
|
|
Tinta printer
|
2
|
Rp.
100.000
|
Rp. 200.000
|
|
Buku Folio besar
|
2
|
Rp. 15.000
|
Rp. 30.000
|
|
Peralatan ATK lainnya
|
Rp. 200.000
|
|||
Ruangan
|
Pengharum ruang
|
2
|
Rp. 100.000
|
Rp. 200.000
|
Hiasandinding &banner (60x160 cm)
|
5
1
|
Rp 50.000
Rp.
100.000
|
Rp. 100.000
Rp. 100.000
|
|
Transportasi
|
Elf Minibus
|
1
|
Rp.16.500.000
|
Rp.16.500.000
|
TOTAL
|
Rp.48.055.000
|
PROMO
Dalam menyambut Hari Raya (Natal,
Idul Fitri, Imlek dan hari kasih sayang/ valentine)
kami menyajikan dan memberikan beragam kejutan untuk konsumen diantara promo dan pemasangan iklan
promo serta diskon pada beberapa website.
Jenis – jenis promo yang ada :
- Nikmati 1 hari hemat 50% pada produk- produk tertentu, diantaranya : Armani, DKNY, Chanel, Longchamp, Buccheri, The Executive, Edward Forrer, Lomber.
- Buy 1 get 1 free pada produk- produk tertentu : Armani, DKNY, Chanel, Longchamp, Buccheri, The Executive, Edward Forrer, Lomberg
Mengani penawaran sendiri, kami
menampilkannya pada salah satu majalah yang ada di seluruh wilayah Indonesia :
Kartini dan Femina. Kemudian kami memasang iklan pada salah satu situs website
portal wanita, yaitu : vemale.com dan
I am a Woman.com.
Komentar