Perencanaan pembuatan toko Online (E- Commerce) dengan menggunakan Wix.com



LATAR BELAKANG
Dalam zaman yang berkembang pesat ini, tak dapat dipungkiri bahwa melihat kemungkinan berbisnis melalui media jejaring sosial adalah tepat. Terkhususnya untuk wilayah Indonesia sendiri baru saja CNN Indonesia merilis data mengenai demografi pengguna internet di Indonesia untuk periode semester pertama tahun 2015. Data ini diperoleh berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) dengan PUSKAKOM Universitas Indonesia (UI). Menurut hasil survei menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia untuk saat ini telah mengalami peningkatan sebesar 34,9 persen dari jumlah seluruh penduduk Indonesia. Jika pada tahun sebelumnya ada sekitar 71, juta pengguna internet di Indonesia, maka pada semester pertama 2015 ini jumlah tersebut mencapai sekitar 88,1 juta pengguna. Jika dilihat berdasarkan lokasi domisili, jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2015 dapat dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain: Pulau Sumatera : 18,6 Juta pengguna, Jawa : 52 Juta pengguna, Kalimantan : 4,2 Juta pengguna, Sulawesi : 7,3 Juta pengguna dan Papua : 5,9 Juta pengguna. Jumlah persentase pengguna internet di Indonesia berdasarkan umur: 18 – 25 Tahun : 49 %, 26 – 35 Tahun : 33,8 Persen %, 36 – 45 Tahun : 14,6 Persen, 46 – 55 Tahun : 2,4 %, 56 – 65 Tahun : 0,2 Persen. Sedangkan jumlah persentase pengguna internet di Indonesia berdasarkan jenis pekerjaan: pelajar : 5 %, tidak bekerja : 6 %, ibu rumah Tangga : 16 %, mahasiswa : 18 %, karyawan dan wiraswasta : 55 %.
Data lain yang mendukung hal ini lagi adalah jumlah persentase pengguna internet di Indonesia berdasarkan perangkat yang digunakan adalah,  telepon seluler : 85 %, laptop / netbook : 32 %, PC Desktop : 14 % dan tablet : 13 %. Adapun hal yang paling sering diakses pengguna internet di Indonesia adalah, media sosial (Facebook, Twitter, Google+, Dan Lain-Lain), pesan instan, baca berita, pencarian data informasi dan streaming video.
Menanggapi hal ini akhirnya kami berinisiatif untuk membuat sebuah usaha bisnis toko online. Usaha bisnis ini akan membantu para konsumen terkhususnya dalam memenuhi kebutuhan fashion yang ada dalam setiap berbagai aktifitas baik kantor, event ataupun hanya untuk referensi style. Melalui usaha ini, kami juga ikut berpartisipasi dalam mempromosikan produk lokal  dengan menampilkan beberapa karya desain anak bangsa, sekalipun tak dipungkiri kami ikut menampilkan produk impor. Harapan kami, dengan produk- produk yang ditawarkan mampu memperindah wanita Indonesia.



TUJUAN
Adapun tujuan dari toko online ini, yaitu:
·           Mempromosikan produk dalam negeri Indonesia.
Hal ini berdasarkan Firman Tuhan dalam Kejadian 1 : 28. Yang berbunyi Tuhan memerintah kita sebagai manusia untuk bisa mengelola alam ciptaan-Nya, sehingga kami mencoba untuk mengimplementasikan perintah Tuhan itu lewat bisnis yang kita lakukan, untuk puji dan hormat nama Tuhan.
·           Menerangkan etika berbisnis yang baik dan bertanggung jawab.
Hal ini berdasarkan Firman Tuhan dalam Ibrani 13:17 yang berbunyi “Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak membawa keuntungan bagimu. Dengan pedoman itu maka perusahaan kami menerapkan sistem kerja, kerjasama, dan tanggung jawab yang baik dalam bisnis toko online kami.
·           Membuat sebuah usaha bisnis toko online yang bisa menjadi peluang untuk membuka lapangan pekerjaan.



PERENCANAAN BISNIS TOKO ONLINE
         Perusahaan kami memilliki perencanaan ke depan agar  bisnis tojo online ini tetap berkembang.
VISI
Mengembangkan potensi di dalam diri dalam berbisnis toko online, menampilkan karya anak bangsa dan untuk menjadikannya yang lebih unggul dalam berbisnis online baju dan aksesoris dan lainnya.
IDENTITAS BISNIS
Toko online ini berdiri dengan nama : Whitney Beauty Shop. Kami bergerak dalam fashion style bagi wanita dan produk yang ingin kami tawarkan adalah baju, dress, sepatu, aksesoris (kacamata, gelang, jam tangan, kain skraf, kalung, dan lainnya). Pemilik usaha ini adalah, ibu Whitney Mega dengan lima karyawan dibawahnya.
TARGET PASAR
Segmen pasar utama Whitney Beauty Shop adalah wanita berusia 18 – 35 tahun. Di pulau Jawa dan Sumatera. Sasaran utama kami adalah wanita dengan usia yang disebutkan karena banyak daripada mereka sudah bekerja dan mendapatkan pengahasilan sendiri kemudian pada umur seperti itulah mereka sudah memperhatikan penampilan dan sadar akan dunia fashion. Dalam hal ini untuk menunjang penampilan membutuhkan barang dengan brand yang sudah memiliki nama dan ditunjang dan kemudian mendapatkan kenyamanan tersendiri.
Pemilihan konsumen dalam bisnis dalam hal ini juga mempertimbangkan para wanita bisnis, pelajar maupun ibu rumah tangga yang membutuhkan banyak referensi fashion demi untuk melakukan aktifitasnya sehari- hari. Dalam hal ini pun faktor penunjang lain karena wanita pada umur tersebut dikategorikan melek Internet dan media sosial seperti ( facebook, twitter dan google+) yang dapat diakses setiap waktunya melalui telepon seluler, laptop, pc dan tablet.
ANALISIS S.W.O.T
Strength ( Kekuatan )
  • Berani menawarkan harga produk yang lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya. Kami akan menjalankannya disaat kami memberikan promosi-promosi dihari libur atau hari-hari besar.
  • Berani menjalin kerjasama dengan para pengusaha yang ada di perusahaan dimana kami menampilakan produknya untuk proyek bisnis ini.
  • Pelayanan memuaskan, ramah, terjamin. Kami akan semaksimal mungkin memberikan kepuasan bagi pelanggan dalam konteks 5S (senyum, sapa, salam, sopan, dan santun). Sebab, setiap  pelanggan akan merasakan kenyamanan ketika mereka melihat kami mampu menunjukan sikap sebagai seorang pekerja yang baik dan berkualitas.
  • Selalu tersedia bonus/ hadiah menarik untuk pelanggan setia. Bonus yang kami berikan bukan untuk membuat para pelanggan menjadi tidak respect tetapi justru akan membuat pelanggan menjadi ready dan memiliki keinginan untuk membeli produk yang ditampilkan.
  • Menawarkan jasa tambahan seperti; jasa pengiriman dan ongkos kirim yang relatif murah. Hal ini akan membuat pelanggan semakin puas dengan pelayanan yang kami berikan.

Weakness  (Kelemahan)
  • Belum mampu melayani pada pulau yang lain di Indonesia.
  • Belum memiliki cabang di daerah lain hanya di daerah Jawa sebagai lokasi kantor.
  •  Pesaing sudah banyak di daerah- daerah di Indonesia.

Opportunities (Peluang)
  • Para konsumen adalah wanita- wanita yang sangat tertarik dengan dunia fashion dan kebutuhan akan produk kami dapat dikatak diatas rata- rata.
  • Kualitas produk yang kami tawarkan beserta brand ternama dalam negeri maupun luar negeri yang sudah terjamin.
  •  Sumber daya manusia yang mudah didapat dan yang berkualitas karena menjalin kerjasama dengan sekolah menengah kejuruan. Dengan pusat kami yang strategis dekat dengan sekolah maka kami dapat bekerjasama dengan Sekolah Menengah Kejuruan. Perekrutan para siswa IT dengan dapat memberikan pelayananan yang baik dan sumber daya manusia yang dihasilkan akan memberikan kenyamanan untuk pelanggan karena perekrutan dilakukan dengan seleksi baik secara personality dan akademik.

Threats (Ancaman)
Kesempatan bagi pesaing terbuka lebar. Pesaing saat ini tidak hanya satu melainkan banyak jumlahnya maka tidak dapat dihindari akan banyak persaingan yang terjadi sehingga diperlukan banyak pertimbangan dalam mendirikan usaha ini.
  
BIAYA AWAL YANG DIBUTUHKAN
Peralatan dan perlengkapan beserta perinciannya :
Jenis
Nama barang
Jumlah
Harga
Total harga
Kantor
Meja kantor
Meja kerja
1
5
Rp.  1.000.000
Rp.     750.000
Rp. 1.000.000
Rp. 3.750.000

Kursi kantor Revino R-302
6

Rp.     420.000

Rp  2.520.000


Komputer
6
Rp.   3.000.000
Rp.18.000.000

PrinterCanon Pixma IP 100
1
Rp. 3.200.000
Rp.3.200.000

Kipas angin
2
Rp.    300.000
Rp.    600.000

Dispenser
1
Rp.    300.000
Rp.    300.000

Galon air
2
Rp.      80.000
Rp.    160.000

Perangkat wi-fi Merek Linksys
1
Rp. 665.000
Rp. 665.000
Alat tulis kantor
Kertas A4
10
Rp.      50.000
Rp.    500.000

Ballpaint
2 pack
Rp.     15.000
Rp.   30.000

Tinta printer
2
Rp.  100.000
Rp.  200.000

Buku Folio besar
2
Rp. 15.000
Rp.  30.000

Peralatan ATK lainnya


Rp.  200.000
Ruangan
Pengharum ruang
2
Rp.  100.000
Rp.  200.000

Hiasandinding &banner  (60x160 cm)
5
1
Rp   50.000
Rp.  100.000
Rp.  100.000
Rp.  100.000
Transportasi
Elf Minibus
1
Rp.16.500.000
Rp.16.500.000
TOTAL



Rp.48.055.000

PROMO
Dalam menyambut Hari Raya (Natal, Idul Fitri, Imlek dan hari kasih sayang/ valentine) kami menyajikan dan memberikan beragam kejutan untuk  konsumen diantara promo dan pemasangan iklan promo serta diskon pada beberapa website.
Jenis – jenis promo yang ada :

  1.  Nikmati 1 hari hemat 50% pada produk- produk tertentu, diantaranya : Armani, DKNY, Chanel, Longchamp, Buccheri, The Executive, Edward Forrer, Lomber.
  2. Buy 1 get 1 free pada produk- produk tertentu : Armani, DKNY, Chanel, Longchamp, Buccheri, The Executive, Edward Forrer, Lomberg

Mengani penawaran sendiri, kami menampilkannya pada salah satu majalah yang ada di seluruh wilayah Indonesia : Kartini dan Femina. Kemudian kami memasang iklan pada salah satu situs website portal wanita, yaitu : vemale.com dan I am a Woman.com.

Komentar