Adobe Premiere Pro versi online dengan free template ?

 Hai Guys.. Hari ini saya mau sharing tentang salah satu aplikasi online yang dapat membantu kita melakukan video editing tanpa PC yang mumpuni. Kemarin saya menemukan masalahnya dikarenakan Adobe Premiere Pro nge - Crash. Jadi akhirnya harus memutar otak dan belajar dengan cepat lewat tutorial di Youtube.

Nah.. Kalau temen- temen udah pernah dengar banyak orang bisa melakukan Graphic Design online tanpa photosphop, dan mereka pergunakan aplikasi online yaitu Canva.

Ini dia.. ClipChamp. Seperti Canva dengan template yang sudah disediakan dan mudah digunakan bagi kita yang belum terbiasa melakukan video editing sebelumnya.  

Jadi Saya mau share pengalaman edit video pakai ClipChamp.

Pertama teman- teman pergunakan search engine di laptop masing- masing dan temukan ClipChamp. 




Kalau sudah ketemu. Temen- temen silakan login dengan email atau akun medsos, contohnya, Facebook. Nanti Clipchamp akan melakukan verifikasi di akun teman- teman. 


Selanjutnya teman- teman boleh explore karena aplikasinya sangat mudah dengan Bahasa Inggris yang sederhana dan diberikan keterangan pada setiap Icon.

Seperti saya ini. Ingin menambahkan clip video, langsung click + untuk Import Video / Foto.


'image.png' failed to upload.

Kemudian di timeline project saya mau mau potong bagian yang tidak terpakai. Tinggal dipilih crop dan tempatkan cursor temen- teman pada bagian detik yang dipilih.
'image.png' failed to upload.


Nah .. Ini salah satu bagian yang saya suka. Teman- teman yang seperti saya dengan kualitas video tidak terlalu baik, serta pencahayaan yang rendah. Kadang hasil rekaman video secara visual tidak terlalu baik. 

Teman- teman dapat mengatur kontras, exposure bahkan dilengkapi filters untuk menambahkan kesan astetik pada video. 


Kemudian bagi kita yang belum sempat membuat opening serta closing dari video dapat mempergunakan Icon tambahkan Text dengan animation yang sudah disediakan. 



Satu lagi nilai plusnya. Kita dapat menambahkan music background secara gratis. Seperti yang saya tunjukan ini. Temen- temen dapat langsung click dibagian library untuk menambahkannya.


Masih ada lagi teman- teman. Bagi kalian yang ingin merekam langsung atau memerlukan record screen dapat digunakan langsung dari Clipchamp ini.

Oh ia .. bagi teman- teman yang tidak memiliki mic yang mumpuni untuk merekam suara di dalam video. Dapat mempergunakan AL voice cover. 
Simple- nya temen-  temen pernah liat mbak google. Nah.. kayak gitu.. Jadi kita input text dan langsung diubah menjadi audio oleh Clipchamp.



Bila sudah selesai , teman - teman boleh pilih Export setelah itu dapat langsung sharing di G.Drive/ Youtube / langsung di download.

Nah .. Saran saya temen- temen harus pastikan jaringan internetnya aman, yah !
Supaya terhindar dari kejadian seperti saya ini. Yang mana hilang beberapa hasil kerja pada video, hilang beberapa step.

Jadi kalau sudah pilih clipchamp untuk mengedit jangan lupa untuk sering reload page-nya, yah.





Kalau teman- teman ingin lihat hasil videonya, Feel free untuk di click. 



Semoga teman- teman mendapat insight baru dari pembahasan kali ini. Ayo tetap belajar dan mau mencoba- coba aplikasi baru. Tuhan memberkati.


Komentar